Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Tutorial Photoshop // Cara Membuat Cover / Poster Fanfiction Genre Sad

328 Komentar

Cara membuat cover/poster fanfiction

– How To Make Sad Cover Fanfiction – (Revisi )

Annyeong.. sebelumnya  terimakasih buat kalian yang  sudah bersedia berkunjung kesini, baik itu sekedar mampir di tulisan ini, atau yang membaca tulisan ini sampai selesai dan tidak memberikan komentar ^^. oke, tutorial ini sebenarnya aku renovasi (?) alias aku perbaiki, karena sebelumnya…tutorial ini hasilnya rada aneh, berhubung aku tambah tua (?) jadi aku perbaiki sajalah hasil dan tutorial ini dengan tujuan biar tambah aneh(?). Buat yang berminat membaca, silahkan! Tapi awas. Jangan sampai kalian tiba-tiba jadi aneh!😀

Bahan :

– Aplikasi Photoshop [ belum punya? Mari, di unduh dulu…klik disini ]
– Gambar yang diedit [meliputi : gambar tokoh, gambar tambahan, serta background. Kalian bisa menemukannya disini*untuk gambar background dan tambahan*  ]
– PSD coloring [ jika diperlukan kalian bisa mendownloadnya disini ]

Langkah langkah (klik screenshoot for enlarge ) :

  1. Buka aplikasi photosop kalian (double klik pada icon photoshop di desktop kalian atau click start- all programs- photoshop ).
  2. Setelah  Photoshop berhasil dibuka, sekarang saatnya membuat sebuah dokumen baru. ( Klik tombol CTRL + N di keyboard kamu, atau klik File >> New  ). Atur ukuran sesuai keinginan kalian, dan pastikan format dokumen itu RGB. jika bingung menentukan ukuran, kalian bisa mencoba angka 500 x 700 pixels
  3. Setelah itu baru, buka gambar yang ingin kalian edit untuk dijadikan cover fanfiction kalian.
    ( Klik File >> Open ). Disini aku memakai gambar Kyuhyun Super Junior & Korean ulzzang girl.
  4. Kemudian pindah kedua gambar tadi —gambar Kyuhyun + Ulzzang— ke dokumen baru yang sebelumnya sudah kita buat. Geser menggunakan move tool. (c aranya : klik icon move tool [gambar panah paling atas di bar sebelah kiri ] ) lihat gambar!!. Setelah itu atur tata letaknya dengan baik!.
  5. Setelah merasa puas dengan tata letaknya,  saatnya menghapus / menghilangkan bagaian pada gambar —kyuhyun + ulzzang—yang dirasa kurang sedap dipandang pada cover/poster. Caranya klik icon ‘eraser tool’ lalu atur ‘opaticy’nya. Lihat gambar !
  6. Sekarang hapuslah bagian gambarnya!.
    (info : untuk menghapus gambar, kalian perlu beralih layer. Misalnya kalian ingin menghapus gambar ulzzang, maka terlebih dahulu kalian harus mengklik layer gambar ulzzang, pada screenshoot di bawah ini..layer ulzzang-nya berada pada layer 2. Maka jika ingin menghapus gambar ulzzang, sebelumnya kalian harus mengklik layer 2 terlebih dahulu )
  7. Sekarang buka lagi sebuah gambar untuk dijadikan background. Caranya sama seperti saat kalian membuka gambar yang dijadikan cover ( Klik File >> Open ). Lalu geser gambar  background tersebut (menggunakan move tool) ke dokumen cover kalian. Letakkan gambar background menjadi layer paling bawah.
  8. Sudah?? Kalau begitu. Buka lagi sebuah gambar. Kita sebut gambar kali ini sebagai gambar pelengkap atau gambar tambahan. Bisa berupa bunga, bentuk hati, kursi, bintang, kalung d-l-l.
    setelah itu, lakukan hal yang sama dengan yang sebelumnya—menggeser/memindahkan gambar tambahan ke dokumen cover kalian— tapi kali ini letakkan menjadi layer paling atas. Dan hapus beberapa bagian gambar yang dirasa perlu dihapus, misalnya bagian sisi-sisi gambar.
  9. Hasilnya seperti di bawah ini! tapi belum selesai sampai disini. Meskipun tahap primernya sudah selesai, tapi masih perlu sedikit tambahan. Diantaranya membuat gambar ber’texture’.klik layer, tempat background yang sebelumnya kita tambahkan—disini aku menggunakan gambar langit saat senja—. Setelah diklik, klik CTRL + J. maka background tadi akan terduplikat menjadi dua. Pindahkan gambar background hasil copy-an tadi menjadi layer yang paling atas. Pasti gambar kalian jadi tertutupi backgroundkan?? Kalau begitu..atur opaticynya! Lihat gambar diatas!! ↑↑
  10. Langkah selanjutnya, yaitu menyatukan semua layers menjadi satu layer. Caranya klik CTRL pada keyboard kalian sambil menekan semua layers pada kotak layers, kemudian klik kanan >> Marge layers.
    Perhatikan gambar!!
  11. Sekarang saatnya membuka PSD coloring sebagai cara instan untuk pewarnaan cover-nya. ^^
    (jika kalian tidak menggunakan PSD coloring kalian bisa melewati langkah-langkah ini dan menggantinya dengan mengklik Image >> Adjustement >> Level  || atur angka-angka yang ada disana ya ^^ hingga tampilan cover kalian menjadi menarik, kalau sudah selesai klik >> oke. kalian juga bisa menambah efek lain lagi dengan mengklik image >> Adjustment >> Match Color || atur kembali angka-angka disana dan klik >> Oke ^^ )dan buat kalian yang memakai PSD coloring. Maka buka dulu PSD coloring kalian. Dimana tempat untuk mendapatkan PSD Coloring? Kalian bisa mengunjungi  ini . Then, Setelah PSD coloring kalian terbuka, kalian klik kanan pada bagian ‘grup psd coloring tersebut’. Grup biasanya disimbolkan dengan adanya icon ‘folder’. ( klik kanan >> duplicate layers >>). Lihat gambar!!akan ada kotak perintah baru muncul. Pilih dokumen cover kalian || biasanya untitled 1, lalu klik ‘oke’.

  12. Masih belum puas dengan pewarnaannya?. Kita tambahkan sedikit efek lagi. Klik image >> Adjustment >> Vibrance.Atur angka-angkanya. Kalian bisa mengikuti angka sesuai screeshoot jika menginginkannya.^^
  13. Dan jangan lupa tambahkan teks yang meliputi || Judul , nama author & Artworker (agar tidak ada yang mengclaim karya kalian), quotes, dan hal lainnya yang kalian rasa perlu dimasukkan ke dalam cover). Caranya klik icon ‘T’ yang tersedia di bar menu photoshop kalian. Sesudah itu kalian marge lagi semua layersnya—seperti langkah di nomor 10.
  14. Thanks for my God, tadi itu langkah terakhir chingudeul , kalian tinggal menyimpan cover kalian dengan mengklik File>> Save as JPEG >> pilih folder>> Save ^^.Dan inilah hasil cover tutorialnya—ada dua, dengan pewarnaan yang sedikit berbeda—. Click images for enlarge !!. nama cover kali ini ‘BITTERSWEET’ –sebenarnya tulisannya kayak gitu tapi karena keteledoran, jadi bettersweet  :( *ya sudahlah..tak apalah. ^^    

Maaf atas segala kekurangan tutorialnya ya dan terimakasih juga karena telah bersedia melowongkan waktu untuk membaca tulisan ini ^^. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan ^^. Tapi ada baiknya kalau kalian menyimak ‘Ask & Answer’ di bawah ini dulu, siapa tau jawaban dari pertanyaan kalian  sudah tersedia.

_______________________________________________________________________

Ask : “ buat cover FFnya pakai aplikasi apa sih? Photoshop?? Versi berapa??”

Answer : “ di tutorial ini pakai photoshop cs 5”

Ask : “ kalau pakai photoshop cs yang lain bisa engga? Atau beda??”

Answer : “bisa. Dasarnya sama aja kok. Tapi mungkin dari segi tampilan sedikit berbeda!”

Ask : “cari background cover ffnya dimana?”

Answer : bisa di photohosting (imageshackes, photobucket, fixlr, dll ) cari aja dengan keyword ‘nature’ atau ‘sad’. Di google juga bisa…keyword masih sama ^^

Ask : “kalau nyari fontnya dimana??”

Answer : “searching aja di google dengan keyword >> Freedownload ( jika ingin fonts untuk cover happy; curly font’s, kalau ingin fonts untuk cover sad; caligraphy font’s,atau decorative font’s untuk font’s unik )”

Ask : “PSD itu apa ?”

Answer “PSD itu adalah salah satu format file di photoshop >> (adobe photoshop image). Tidak semua yang berformat ‘PSD’ adalah PSD coloring. Ada juga png files atau gif  yang disimpan dalam format PSD.

Ask : “Boleh aku copas –copy paste— tutorialnya ke blogku, tenang pakai full credit kok!”

Answer : no!! no!! no!!

Ask : “boleh aku re-blog / press ini ke blogku?”

Answer : silahkan ^^

Ask : “apa bedanya menyimpan gambar dengan format ‘JPEG’ dan ‘PNG’?”

Answer : “sangat berbeda, untuk kualitas foto yang lebih baik memang biasanya menggunakan PNG. Tapi jika hanya untuk poster seperti cover fanfiction, jpeg pun tak masalah!”

Ask : “yang utama dalam mengedit cover ff itu apa?”

Answer : “perhatikan tata letak gambar, dan pewarnaannya! ^^”

_____________________________________________________________________

Ada pertanyaan lain selain itu, silahkan memberikan komentar di bawah ini ^^

Attention:

– dilarang mengcopy/ menggandakan sebagian atau keseluruhan tutorial ini tanpa izin.

– dilarang mengclaim tutorial ini sebagai milik anda

– berjanjilah pada diri anda sendiri, tidak akan membuat tutorial serupa!!

– thankyou for your attention

 Baca tutorial sejenis lainnya KLIK DISINI atau pelajari tutorial photoshop yang lain KLIK DISINI

Signature :

Rara Putriey || https://rarastory.wordpress.com

 

 

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

328 thoughts on “Tutorial Photoshop // Cara Membuat Cover / Poster Fanfiction Genre Sad

  1. Thanks postingannya ^_^
    Sangat bermanfaat thor😀

    Suka

  2. Selamat, anda mendapat pengunjung yang kesasar :s

    Suka

  3. lagi blogwalking dan terdampar blog kece ini❤ kak, aku boleh nanya gak? itu yang dipage index kok bisa otomatis keupdate ya librarry nya? aku pusing tujuh keliling ngubek-ngubek gugel tapi gak dapet-dapet jawaban nya :”( maaf ya kak pertanyaan aku gak sesuai sama thread T.T

    Suka

    • itu disusun berdasarkan kategory aja,kan nanti setiap kita ngepost dg kategory yg sama bakal update sendiri dia. duuh bingung ngejelasinnya ^^”

      Disukai oleh 1 orang

      • hahaha, ngerti ko kak, jangan bingung-bingung😀 makasih ya kak~

        Suka

        • bukan dek, gak perlu pake syntax kok.. jadi gini.. kamu cuma hrs bikin post nanti tambahkan kategori sesuai post kamu. misalnya aku bikin post isinya tentang ‘rekomendasi film’, nah postnya aku kasih kategori ‘rekomendasi’, nanti klo aku nulis post rekomendasi lainnya misal ‘rekomendasi situs download film’.. aku msukin lagi ke kategori ‘rekomendasi’. dengan maksud, agar nanti disetiap pengunjung mengklik kategori rekomendasi, otomatis setiap post yg tampil merupakan post yg isinya rekomendasi. untuk membuat sitemapnya sendiri nanti tinggal copy-paste link kategory, linknya seperti ini contohnya ( https://rarastory.wordpress.com/category/from-rasyifa/miscellaneous/recommended/) ke halaman sitemap. nanti kan update otomatis (asal kamu gga lupa nambahin kategorinya di setiap ngepost)

          sementara untuk menambahkan judul post” yg ada di blog kamu, bisa guna kan kode html arsip/widget tulisan terbaru (cari aja digugel widget sma htmlnya), nanti di halaman sitemap bakal update sendiri juga dianya(?).. tapi ini punya keterbatasan jumlah de (gga semua judul tulisan bisa dimunculkan), jadi gga bisa diberlakukan jika blog kamu udah punya banyak tulisan, jd saran aku mending tampilkan 10 post terakhir yg kamu post di blog kamu aja/10 tulisan terbaru di widget, sisanya sitemapnya kamu atur seperti cara kategori sebelumnya saja. semoga bisa dipahamk

          Disukai oleh 1 orang

          • oh gitu kak, aku kira harus bikin semua entri didalam postan kita ada satu kategori yang sama, jadi tinggal disyntax-in aja xD aduuh baik banget kakak mau ngetik panjang-panjang gak pelit ilmu sama sekali, makasih banyak yah kak ^^ sekarang aku paham sepaham paham nya. Terima kasih banyak kak, sukses terus buat kakak ^^

            Suka

      • syntax nya begini kah kak? [ display-posts category=”prosa” ] apa ada yang kurang kak? soal nya dia gak mau muncul T.T maaf ya kak banyak nanya ^^v

        Suka

  4. halo kak, makasih ya tutornya, hehe😄, sangat bermanfaat buat newbie kayak aku, haha.
    kak, boleh minta follback dan visitbacknya ke

    https://authorxiuyeollienie.wordpress.com

    masih sepi, hehe, makasih kak

    Disukai oleh 1 orang

  5. makasih ini bermanfaat banget ^^

    Suka

  6. makasih bermanfaat banget

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s