Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Tutorial Photoshop // Cara Membuat Clip Art atau Icon PNG Sendiri dengan Photoshop

12 Komentar

Cara Membuat Clip Art atau Icon PNG Sendiri dengan Photoshop

Kembali lagi dengan tutorial Photoshop yang sudah kesekian kalinya ^^. Kali ini Rara mau bagi-bagi ilmu cara membuat clip art atau icon PNG. ituloh gambar yang biasanya kita pakai buat mempercantik tampilan foto kita. Yang bentuknya lucu-lucu, keren-keren dan kawaii-kawaii.

Kalau gambar itu dijadikan satu dokumen, biasanya disebut dengan PNG Files. Nah, sekarang kita coba-coba buat Icon PNG itu dengan tangan kita sendiri menggunkan Photoshop. Ya, sekedar buat belajar aja. Dan sebenarnya ada banyak cara untuk membuat icon PNG itu, tapi kali ini kita pakai cara yang menurutku jauh lebih simple dari cara-cara lain. Ok tanpa banyak bicara lagi. Kita langsung ke tutorialnyA. Dan cuman mau kasih tau kalau mau memperbesar screenshootnya, tinggal klik gambar screenshootnya aja ^^

Persiapan ( Alat & Bahan )

  1. Software Photoshop ( kali ini aku pakai versi yang CS 5 )
  2. Pattern ( kalian tinggal cari pattern di google, pilih pattern kesukaan kalian. Lalu masukkin deh ke Photoshop. Kalau kalian belum tau caranya. Kalian cari aja dulu di google. Maaf, aku belum sempat bikin tutorialnya )

Langkah-langkah.

  1. Buka Photoshop kamu, lalu buat dokumen baru dengan mengklik CTRL + N atau klik File >> new, ukuran 300 x 300 px. Masalah ukuran, sebenarnya terserah sih, bisa kalian atur sesuka kalian. Tapi berhubung kali ini, yang kita buat adalah icon PNG alias clip art. Jadi sepertinya ukurannya tidak usah terlalu besar.
  2. Setelah kalian membuat dokumen baru, saatnya menggambar pola untuk gambar icon PNG kalian. Kali ini aku sendiri akan membuat gambar bunga yang sangat sederhana.
  3. Kalian pilih opsi pen tool, dengan mengklik iconnya. Atau tekan tombol P di keyboard kalian. Pastikan kalian memilih opsi yang benar. Opsinya bisa dilihat pada screen shoot di bawah ini.
  4. Lalu mulailah menggambar. Misalnya, pertama kita buat dulu bentuk oval sebagai bagian tengah pada bunga untuk perawalan pola clip art kita. Hasilnya bisa dilihat di screen shoot langkah nomer 5.
  5. Setelah pola pertama selesai dibuat. Lalu klik kanan pada layer shape/pola yang dibuat, pilih Blending Options . Lihat screen shoot berikut!!

  6. Pada Options blending, kalian tinggal mencentang ‘Pattern overlay’. Nah kalian pilihlah pattern yang tersedia di photoshop kalian. Kira-kira pattern yang mana yang cocok untuk mewarnai pola kalian. Misalnya, kali ini aku memilih pattern warna pink dengan nuansa dot-dot putih.

  7. Hasilnya bisa dilihat pada screenshoot pada langkah nomer enam.
    Nah, setelah pola pertama tadi selesai. Kalian tinggal menggambar pola kedua, mungkin untuk selanjutnya kalian bisa menggambar bagian kelopak bunganya lalu batang dan daunnya. Dan jangan lupa berikan aksen pattern pada pewarnannya.
  8. Kalau sudah selesai kalian tinggal menyimpannya. Tapi sebelumnya, non aktifkan dulu backgroundnya ya. Agar Icon PNGnya jadi transparan. Soalnya kalau Iconnya tidak transparan, tidak bisa dipakai buat clip art, atau bisa dipakai tapi ribet cara menggunakannya -__- . Cara menonaktifkan backgroundnya sangat mudah, kalian cukup mengklik icon ‘mata’ pada layer background. Kalau sudah berhasil, background putihnya akan langsung hilang dari pola icon PNG kamu.
  9. Sekarang tinggal save deh clip art / icon PNG buatan tangan kamu sendiri.
    Caranya klik File >> save as >> lalu pilih format penyimpanan PNG. Lihat gambar!

  10. Nah untuk hasil tutorialnya sendiri, seperti dua icon PNG berikut ini. Maaf masih jelek dan aneh. Maklum, aku juga baru nyoba buat yang seperti ini. ^^

Masih sangat sederhana, dan masih perlu perbaikkan disana sini ^^.
Kalian boleh ko menyimpan pngnya kalau berminat. Kkk~ tapi hancur sekali hasilnya😄 , aku aja malu ngeliatnya. Wkwkwk. Tapi engga apa-apalah. Yang jelas kita ambil pelajarannya aja. Anggap hasilnya itu cuman sponsor yang lewat (?).Ok mungkin sampai disini dulu tutorial kali ini. sampai jumpa di tutorial berikutnya. BTW, ada yang mau kasih saran buat tutorial berikutnya?😄 . aku kehabisan stok bikin tutorialnya.

signature : Rara Putriey
website : https://rarastory.wordpress.com

Email : rara_putriey@yahoo.co.id
twitter : @rha_putriey

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

12 thoughts on “Tutorial Photoshop // Cara Membuat Clip Art atau Icon PNG Sendiri dengan Photoshop

  1. tutornya keren^^ makasih chingu^^

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s