Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Fanfiction Khuntoria couple // Grafitasi |study with khuntoria couple|

7 Komentar

Fiction Study

Grafitasi |study with khuntoria couple|

Author : Rasyifa (c) 2012

Materi By : adiwarsito.wordpress.com

 

Victoria, perempuan cantik itu terus menatapku dengan tajam. Oh, dia membuatku ngeri sendiri.

“Apa, huh?” ucapku ketus, berusaha menyembunyikan ketakutanku sendiri. Mana boleh, aku yang seorang lelaki justru terlihat lembek di depannya?

“Aku malu memiliki suami sepertimu!” jawabannya itu membuatku tercekat. Astaga, apa dia pikir ucapan itu lucu. Bagiku itu sangat menyakitkan. Sangat menusuk hati. Kejam sekali.

“Ya..ya! kau pikir aku tak malu memiliki istri sepertimu! Di sekolah, aku bahkan harus memanggilmu dengan Ibu guru!” ku teguk segelas air di depanku. Ku lihat Victoria menarik nafasnya pelan.

“Baca materi ini!” entah kapan dia mengambil setumpuk kertas di depanku ini. Tapi yang jelas, bagiku setumpuk kertas ini benar-benar membuatku mual. Materi Fisika.

“Kau tak ingin membuatku malukan? Aku seorang  guru fisika. Dan muridku, atau harus ku sebut SUAMI-ku, justru harus mengulang pelajaran ini!” Victoria membentakku. Dan tanpa menghiraukanku dia berlalu masuk ke dalam kamar.

“BRAAK”

Kemudian sepertinya dia membanting pintu kamar dengan sangat keras. Ooh, berlebihan. Hanya karena aku harus mengulang pelajaran Fisika. Istriku memarahiku. Baiklah, baiklah. Aku tak mungkin membiarkan Victoria mengurung diri di dalam kamar seharian. Belajar Fisika? Aku bisa. Liat Victoria, aku akan membuatmu bangga.

GRAFITASI

Sir Isaac Newton yang terkenal dengan hukum-hukum Newton I, II dan III, juga terkenal dengan hukum Grafitasi Umum. Didasarkan pada partikel-partikel bermassa senantiasa mengadakan gaya tarik menarik sepanjang garis yang menghubungkannya, Newton merumuskan hukumnya tentang grafitasi umum yang menyatakan :

Gaya antara dua partikel bermassa m1 dan m2 yang terpisah oleh jarak r adalah gaya tarik menarik sepanjang garis  yang menghubungkan kedua partikel tersebut, dan besarnya dapat dinyatakan dengan persamaan :

F = G

F = Gaya grafitasi, satuan : NEWTON.

G = Konstanta grafitasi, besarnya :

G = 6,67 x 10-11

m = massa benda, satuan : KILOGRAM

r = jarak antara kedua partikel, satuan : METER

Gaya grafitasi adalah besaran vektor yang arahnya senantiasa menuju pusat massa partikel.

Untuk gaya grafitasi yang disebabkan oleh beberapa massa tertentu, maka resultan gayanya ditentukan secara geometris.

 LATIHAN SOAL

1. Dua buah benda masing-masing massanya 10 kg dan 20 kg terpisahkan pada jarak     2 meter satu dengan yang lain. Tentukan gaya grafitasi antara kedua benda itu.

( jawab : 3,34 x 10-19 N )

2. Gaya tarik grafitasi antara du buah benda bermassa adalah 2,001 x 10-10 N.

Bila massa benda adalah 3 kg dan 9kg. Tentukanlah jarak antara kedua benda itu.

( jawab 3 meter ).

3. Massa sebesar 5 kg terpisah pada jarak 2 meter dari massa yang lain. Gaya grafitasi antara kedua benda adalah sebesar 2,5 x 10-10. Tentukan massa benda yang lain.

( jawab 3kg )

4. Tiga buah bola bermassa masing-masing 1kg, 2kg dan 3kg diletakkan pada titik sudut segitiga sama sisi dengan sisi 1 meter. Tentukanlah gaya yang dialami oleh bola bermassa 1 kg dalam susunan ini.

( jawab : 4,36 GN )

 

 

* * *

Aishh.. sejauh ini aku tak paham apapun. Contoh soal yang hanya membuatku semakin pusing. Ada jawaban, tapi tak ada pembahasan.

“Kau hanya cukup memasukkan ke dalam rumus. Ingat sebelum menjawab, kau harus menulis diketahuinya dulu. Misalnya F1nya berapa? Lalu tinggal masukkan rumusnya!” tiba-tiba saja Victoria sudah ada disampingku, kemudian tanpa memandang ke arahku ia mengambil alih kertas materi fisikaku. Dia membacakan materi itu kembali sambil menjelaskan beberapa hal yang sulit. Oh. Dia cantik saat mengajar seperti itu.

“Sekarang kau sudah paham?”

“sedi..kit!”

“Kalau begitu coba soal yang ini!” aku mengangguk mantap saat melihat sebuah soal yang dibuat oleh Victoria. Kemudian dengan semangat aku mengerjakannya. Aku pasti bisa memecahkan soal ini, bukankah aku sudah berhasil memecahkan soal yang paling rumit di dunia ini. Soal tentang hatimu Victoria! Ha ha.

“Wah.. jawabanmu benar!” aku tersenyum bangga saat melihat Victoria nampak tersenyum puas. Sudah ku bilang aku bisa memecahkan soal ini.

“Mulai sekarang kau harus memanggilku Nickhun Newton kalau begitu!” ucapku sambil membusungkan dadaku. Ku lihat Victoria hanya tertawa ringan. Dia begitu manis. Dan dia tiba-tiba membuatku ingin….

“Sekarang mana hadiahku?”

“Huh?” bingungnya saat tiba-tiba aku mengucapkan kata ‘hadiah’.

“Bukannya aku sudah berhasil menjawab soal itu dengan baik. Kau seharusnya memberikanku hadiah!” ucapku sambil memberikan kerlingan mata yang menggoda. Ayolah Victoria, aku tau kau pintar. Tak mungkin kau tak mengerti rumusku yang ini. Ha ha

“PopO, lanjutku sambil menunjuk-nunjuk pipiku sendiri. Victoria terbelalak, tapi kemudian tersenyum penuh arti. Tak ingin menunggu terlalu lama, aku menggeser dudukku agar lebih dekat dengannya. Ck, perempuan! Selalu saja tak bisa memulai.

Puk

Sekarang aku yang terbelalak. Saat ku pikir Victoria akan menciumku. Dia justru memukulkan setumpuk kertas memuakkan yang lain ke wajahku. Apa ini?

“Pelajari dulu materi yang ini, baru aku cium! Sekarang aku siapkan makan malam dulu ya!”

Aku hanya bisa tersenyum kecut. Ya ampun. Aku tak butuh makan malam, aku cukup ingin popo atau sesuatu yang menyenangkan lainnya. Hah.. materi fisika lagi. Dan kali ini Medan Grafitasi.

MEDAN GRAFITASI

Kuat medan grafitasi ( intensitas grafitasi ) oleh gaya grafitasi didefinisikan sebagai :

Perbandingan antara gaya grafitasi yang dikerjakan oleh medan dengan massa yang dipengaruhi oleh gaya grafitasi tersebut.

Dalam bentuk persamaan, dapat dinyatakan dengan :

g =

g = kuat medan grafitasi ; satuan : N.kg-1

F = Gaya grafitasi              satuan : N

m = Massa benda             satuan : kg

KUAT MEDAN GRAFITASI OLEH BENDA BERMASSA.

Kuat medan grafitasi dapat ditimbulkan oleh suatu benda bermassa. Misalkan dua buah benda bermassa masing-masing m dan m’ terpisah pada jarak r. Maka gaya grafitasi oleh kedua benda itu adalah :

F = G  Bila kita hitung kuat medan grafitasi yang dilami oleh massa m’ sebagai akibat dari gaya grafitasi di atas, maka di peroleh :

Persamaan di atas menunjukkan kuat medan grafitasi oleh  benda bermassa m pada suatu titik berjarak r dari benda itu.

Kuat medan grefitasi adalah suatu besaran vektor yang arahnya senantiasa menuju ke pusat benda yang menimbulkannya. Karena : kuat medan grafitasi di suatu titik oleh beberapa benda bermassa diperoleh dengan menjumlahkan vektor-vektor medan grafitasi oleh tiap-tiap benda.

Sebagai contoh : Kuat medan grafitasi yang disebabkan oleh kedua dua buah benda yang kuat medannya saling membentuk sudut a, dapat dinyatakan dengan persamaan :

–THE END–

A/N : Ini dia trobosan terbaru dari rara story. Fiction Study. Selain berisi tentang FANFiction, juga ada materi studi atau pembelajarannya. Jadi selain untuk hiburan, juga bisa digunakan untuk bahan belajar. Berhubung ini Fiction Study pertamaku. Aku benar-benar mengharapkan apresiasinya melalui komentar kalian dan semoga materinya bisa ditangkap dengan baik ya. Masalah panjangnya, sengaja aku buat pendek. Biar engga jenuh. Oke, Sampai jumpa di Next Fiction Study lainnya*kalau ada* ^^”

Interest read another fanfic? visit Fanfiction Library

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

7 thoughts on “Fanfiction Khuntoria couple // Grafitasi |study with khuntoria couple|

  1. Couple kesukaan ku ^^
    hem fiction study? bagus jg, cuman apa karena fisika jd ngebosenin ya pas bagian studynya?
    mungkin di bagian materinya, jgn langsung materi semua, tp selingin jg fictionny *?* #saran
    maaf kalo terlalu menggurui ^^v

    Suka

  2. jiaaaakkkhhh,,,,,ini fiction study yg urara buat, dan ini jg fiction study pertama yg eomma baca,,,,unik tp bnr” baguuuus, apalagi itu castnya khuntoria,,ahhahaha….itu tp ko khunnya jd muridnya vic sih syg?trus vic gurunya skalligus istrinay??kekekekek..lucu bgt dah ngebayanginnya..^^

    bagus urara, bnr” unik..kyanya lum ada deh fiction study lg yg kya gini,,keep writing yah..:D

    Suka

  3. wah…unik nih

    Suka

  4. Eh, ada juga ya fiction study, baru tahu loh,
    aku suka WP rara suka ada yang aneh2nya, kreatif ^^
    tapi karena fisika pelajaran yang sudah lama aku tinggalkan jadinya lewat, eheheh~
    nice ra ^^9

    Suka

  5. suka hahaha.. aduh, fisika..>< wkwkwk.. jujur aja buat reader sendiri (tunjuk diri) ini tuh tantangan dalam membaca(?) mengapaaah? karena saya rada jenuh sama fisika wkwkwk…
    overall keren nih, pembelajaran dikemas apik di dalam cerita😄
    apalagi khuntoria couple ni :3
    terus berkarya ya..! bagus ni😄 semangat!

    Suka

  6. Keren thor :3

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s