Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Said // Arti dari menghargai

15 Komentar

~~ Arti dari menghargai~~

Sigh~ engga tau juga kenapa jadi buat tulisan alay begini. Tapi aku udah engga tahan lagi, aku pengen cerita ke kalian pengalaman aku selama mengenal dunia per-blog-kan (?). Meski engga tau, ada yang baca atau engga. Tapi mudah-mudahan bisa jadi motivasi atau pencerahan buat yang baca.

Mungkin tulisan ini juga sedikit berlebihan, tapi inilah pemikiran dari sudut pandangku.

 

– Waktu pertama kali aku buat FF, bikin blog, posting Tutorial dan FF-

Aku inget waktu pertama kali buat FF, postingnya di FB. Dan responnya bagus-bagus. Ada yang muji, ada yang macam2lah, pokoknya bikin akunya melayang. Sampai akhirnya sebuah komentar menohok yang masih tertempel di ingatan aku terpajang di kotak komentar. Kurang lebih seperti ini komentarnya -> bahasa kamu tuh terlalu berat thor, kalau aku saranin sih kamu engga usah sok-sokkan nulis FF. soalnya engga cocok juga. Bikin aku bacanya risih.

 

Kalau kalian yang dapat komentar itu gimana responnya? Kalau aku waktu itu cuman diam sih, dan kasih like di komentarnya dia. Ih, bodoh banget ya! Sok berhati malaikat,Tapi mau digimanain juga coba. Dianya engga suka, ya..aku engga bisa maksa buat dia jadi suka-kan. Semua orang berhak mengapresiasi karya orang lain. Dan aku tanamkan prinsip ini pada diriku sendiri, meski harus disakitin karena bentuk apresiasinya yang diluar dugaan dan harapan.

 

Aku belajar, terus belajar buat lebih baik lagi. Sempet engga pengen nulis lagi gara-gara dapet komentar seperti itu. Tapi setelah dipikir, memang itu orang siapa juga? Aku udah hobi nulis dari kelas dua SD, dan hanya dengan komentar yang engga ada apa-apanya itu, aku mutusin berhenti nulis? Sorry, aku bukan orang selemah itu. Dan hasilnya, sampai sekarang aku masih aktif buat nulis.

 

Sekedar berbagi cerita, dulu aku pernah nyelesain beberapa novel kecil dengan buku tulis isi 58 lembar hanya memakai tulisan tangan aku sendiri. Rasanya? Capek banget, tapi PUAS setelah bisa nyelesainnya.

 

Tapi sampai sekarang, ada aja hambatannya buat nulis dan posting sesuatu diblog ini. Terutama FF. Hambatannya, kalau bukan komentar sok bisa kasih kritik pedas masalah tanda baca, typo anu-ini-itu atau masalah Plagiat. Bukan hal asing lagi sih, di dunia maya inikan memang rawan banget plagiat, yah..aku yang FFnya jelek aja pernah di plagiat—sering malah—. Dan rasanya SENENG BANGET waktu di plagiat itu. Kalian percaya? Percaya aku musyrik loh. > . <

 

Jelas aku kesel, wajarlah namanya juga di PLAGIAT. Tapi disatu sisi, ada bisikan(?) yang bilang “Kalau diplagiat, berarti bagus. Kalau bagus berarti aku hebat. Kalau hebat, berarti aku keren dong. Kalau keren berarti ya..aku ini kece.” (ngaur tapi beneran)

 

Pernah aku buat list nama orang-orang yang aku benci itu. Dan sampai sekarang list itu ada dan terus bertambah. Beberapa diantaranya karena plagiat FFku, mengkritik FFku secara pedas, MENIRU STYLE BLOGku, mengcopy/menggandakan artikelku tanpa izin dan mengedit artku seenaknya. Oke, itu hak kalian, aku engga bisa larang. Meski aku tempelin UU hak cipta 1000x di blogku, tetap aja engga ngaruh. Karena pada dasarnya, Peraturan itu dibuat memang buat dilanggarkan? Jika semua orang udah bener. Ngapain dibuat peraturan coba?

 

Tapi aku juga punya hak dong buat marah. Ya jelas, yang kalian tirukan PUNYAku? Tapi tiap kali berpikiran buat marah-marah. Aku pikir, ngapain juga marah. Apa setelah aku marah mereka bakal kapok. Apa setelah nama mereka aku cantumkan di blogku mereka benar-benar tidak akan mengulanginya? Jawabannya belum tentu, yang ada aku justru buat masalah dan bikin keributan. Mirip ANAK KECIL YANG SUKA NGEJEK DAN BILANG “JANGAN TEMANI DIA, KARENA DIA MENGAMBIL MILIKKU!” tapi nyatanya, tidak ada yang ngedengerin dia. Karena apa? Karena dia cuman anak kecil.

 

Aku bukan orang yang seperti itu. Lebih baik aku diam,Tapi saat aku harus bicara, aku adalah orang yang lebih suka mengangkat dagu dan tersenyum “TIRU AJA, TAPI SELAMA ITU KAMU ENGGA PERNAH DAPAT APA-APA”.

 

Aku selalu jadi korban ditiru, dan sampai akhirnya dapat fitnah meniru orang lain dan lain-lain. YANG INI YANG AKU BENCI BANGET😦 . Ya, ampun cuman ngurus blog setuing gini aja kok ribet banget ya urusannya. Pakai ngata-ngatain aku pembohong pula😦 engga bisa ngehargain perasaan orang ya.

 

Aku difitnah niru orang, alasannya namanya sama dan katanya..blogku isinya sama juga. ART & FICTION. Tapi demi apapun, aku aja engga kenal sama orang itu. Lagian blogku juga bukan Art Fiction, kalian aja yang ngerasanya gitu. Blogku itu cuman Blog. Isinya Ya..terserah akulah.

 

Aku sendiri udah belajar nge blog awal 2011—tapi belum punya blog di wp cuman otak atik di blogspot—, dan mulai sekaligus bikin tanggal 13 November 2011, dia kapan? Apa dia lebih dulu dari aku? ENGGA SELAMANYA LOH YANG TERKENAL ITU ADALAH YANG DITIRU, TAPI BISA AJA DIA YANG NIRU ORANG. DAN SAYANGNYA ORANG YANG DIA TIRU,  TIDAK TERKENAL. Dan dulu, aku engga pernah yang namanya blogwalking ke blog art fiction lainnya—(karena waktu itu aku engga pernah nemu blog sejenis begitu, beda sama sekarang yang mudah banget buat ditemukan, tinggal cari  di google ART & Fiction nemu deh bejibun)—. Langgananku baca FF juga dulu cuman di Fan3less (tempat pertama baca FF) sama 3 blog author favoriteku. Selain itu aku engga tau dan sekali lagi waktu itu aku ENGGA PERNAH BLOGWALKING ke blog ART FICTION.

 

Terus waktu aku mutusin buat bikin FF dan posting sendiri di blog pribadi. FF pertamaku judulnya “False” aku publish disini, dan berbulan-bulan setelah di post engga ada komentarnya. Tapi waktu itu akunya norak, tiap hari buka wp di smartphone, liat blog sendiri dan baca FF sendiri —meski yang itu-itu aja— saking senengnya udah bisa ngepost di wp sendiri.

 

Waktu itu jelas engga ada yang kasih komentar. Statis blogku aja nol waktu itu (curhat) gimana ada yang mau baca dan kasih komen. Dan aku ingat, siapa yang kasih komentar pertama di blog ini loh. Dia bahkan kasih komentar di FFku yang gaje. Sampai sekarang dia masih sering komen, dia author juga.

 

Terharu~~ dan selalu ingat nama dia. Dia engga pernah ngejek, tapi selalu kasih semangat untuk memperbaiki FFku. Komentar dia buat aku sadar, bahwa aku harus jadi komentator seperti dia. KITA TIDAK PERLU MENYAKITI HATI ORANG LAIN DENGAN KALIMAT PEDAS, MESKI TUJUAN KITA SEBENARNYA BAIK, YAITU MEMBUAT SESEORANG BERPIKIRAN UNTUK LEBIH MAJU DARI SEBELUMNYA, KITA CUKUP MEMBUAT ORANG ITU SADAR DENGAN KESALAHANNYA. DAN ITU BISA DISELESAIKAN DENGAN KELEMBUTAN.

 

Kalian engga bisa nyelesainnya dengan cara kelembutan? Berarti kalian bukan orang cerdas. Kalian hanya orang yang memakai otak untuk menggerakkan otot. Bisanya menggertak mengkritik dan mengejek. Menganggap membangun tapi nyatanya hanyalah membuat kerusakan. Mengaku memiliki kemampuan otak yang menakjubkan. TAPI TIDAK MENGERTI ARTI DARI MENGHARGAI. So, semua itu percuma.

 

Aku juga pernah kepengen banget jadi ARTworker. Tapi sampai sekarang engg bisa kecapean. Karena ya kemampuan aku yang engga memadai. Pernah jadi editor/Artworker di beberapa blog, tapi karena bukan aku editor satu-satunya. Ya jadilah, aku ilfil dengan diriku sendiri. Merasa karyaku engga sebagus karya editor lain. Alhasil aku berhenti jadi artworker di beberapa blog. Dan memutuskan untuk tidak lagi jadi ARTworker, selain di blog sendiri. Karena takutnya aku buat orang lain kecewa.

 

Masalah tutorial poster FF disini juga nyebelin banget. Niat awalku itu membantu, karena waktu taun 2011 itu engg ada yang nyediain. Jadilah aku berpikir buat nyediain–meski aku juga masih amatiran—. Tapi setelah disediain, kebanyakan setelah MEREKA baca. ADA yang ikut sok buat tutorial dengan JUDUL dan bahkan isi yang hampir mirip lalu di post di blog sendiri. Ceh, itu memang hak dia sih. Tapi lucu banget kesannya, masa setiap aku post A, dia ikut post A. Aku post B, ikut post B. Engga enak banget….sumpah!

 

Aku pengen marah karena aku selalu ditiru kayak gitu. Apa yang aku tulis di blog pasti dibuat/di duplikat di blog lain. Tapi yah sekali lagi itu hak kalian. Dan aku merasa terhormat bisa ditiru. Artinya, aku bisa jadi inspirasi untuk kalian-kan. Dan artinya aku bisa bermanfaat bagi orang lain😀 *pede_nyengir*. Secara tidak langsung aku udah bisa dikatakan idola loh kalau kalian suka niru-niru aku. *-* F

 

Seperti  yang pernah seseorang bilang sama aku “Seorang idola, harus siap ditiru oleh penggemarnya. Baik berupa penampilan dan bahkan sikap. Karena itulah konsekuensi seorang idola .”

 

Lagipula selama bukan aku yang niru2 dan ngikutin orang lain. Selama bukan aku yang nyakitin perasaan orang lain karena aku niru dia. Aku rasa masih bisa ditolerir. Karena aku selalu berusaha memaafkan kalian yang udah menyakiti perasaan aku. Berbeda jika sanya, aku yang niru kalian. Mungkin kalian belum tentu bisa memaafkan aku-kan.

 

Ohya selama ini aku engga pernah loh maksa kalian mencantumkan credit berupa inspirited by atau source ke aku, kalau kalian terinspirasi dari aku. Bahkan req header + poster waktu dulu juga tanpa credit. Jadi kalian bisa lakukan semau kalian-kan? meski aku buatnya susah2 dan kaliannya niru mudah. Ngapain juga minta credit dari ORANG YANG SUKA NIRU.

 

Ohya, sekali lagi aku bukan anak kecil yang bakal teriak terus ke kalian “ITU ENGGA BOLEH” . tapi aku adalah orang yang suka mengangkat dagu dan tersenyum “TIRU AJA,PLAGIAT AJA, COPY AJA. TOH, KALIAN MEMANG ENGGA BISA APA-APA. KALIANKAN CUMAN BISA NIRU” *-* F

 

 

Tulisan ini intinya sebenarnya simple ko. Mengajak kita semua buat damai. Engga peduli copycat, plagiat, kalian tetap manusia kan?—meski sepertinya tanpa moral sih—. Aku cuman mau ngingetin, kalau kalian kagum dengan karya orang lain, kalian cukup mengapresiasinya dengan cara yang diinginkan oleh orang tersebut.

 

Misalnya untuk tidak memplagiat, dan harus mencantumkan credit jika ingin share atau memberikan komentar. Daripada juga kalian ribet copy-paste secara illegal, pas ketauan copas smbarangan, trus ribut deh sama yang empunya. Mukanya juga jadi malu dipajang sebagai plagiat.  Atau juga ribet-ribet bikin sesuatu buat nyamain kayak seseorang*misalnya aku*. Eh, hasilnya engga bisa sebagus orang yang ditiru. Atau malah jadi jelek. Udah susah-susah niru, jelek pula.😛

 

Mending juga izin sama orang yang pengen ditiru, *tapi bukan izin buat niru. kalau memang mau share ya…tinggal press/reblog-kan atau mengutip link. Udah disediain sama Pihak blognya, dari opsi hyperlink sampai opsi re-blog. semua itu dengan tujuan buat engga sembarang copas loh.

 

–selesai–

 

FAQ dari email dan komentar yang masuk:

1. (B) Chingu..aku minta password buat FF kamu. Tapi sampai sekarang aku engga dapet pwnya?

– Kamu yakin masuk nominasi 10 Top recent comment? Maaf. cuman orang yang udah kasih komentar lebih dari sepuluh yang bisa aku kasih pw buat baca FF yang diproteksi

 

2. (L) Chingu… aku boleh pakai theme yang sama kayak punya kamukan?

-Hey, cuman theme-kan? Dari wpnya sendiri pula. Engga masalah sama sekali. selama niatnya engga niru.

 

3. (T) Aku pengen req header blog ke kamu. tapi req headernya engga di buka-buka. kamu bisa Bantu aku?

– Aku bukan ARTworker😦 , jadi engga bisa terima req kamu sebagai artworker. Tapi kalau kamu mau..aku bersedia kok bikinin sebagai orang yang suka edit di pshop & corel. PM aja kalau mau req.

 

 

Maaf buat pertanyaan yang belum sempat dijawab disini. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan bisa kasih komentar.

 

 

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

15 thoughts on “Said // Arti dari menghargai

  1. like banget sama artikel ini :))
    ngungkapin nya dengan kata kata yang baik dan mudah di cerna..
    kalo plagiator itu tetep ngeplagiat, berarti mereka gak bisa baca -___-

    Suka

  2. huhu T.T kaya aku aja… tp aku yang diplagiatin FF. pdahal bikinnya cape semalaman bgadang buat nyesein tu FF and udh di post disalh satu FP. , aku emang dasarnya suka googling and blogwalking. nemu FF serupa dengan punya aku. dari mulai summary sampe isi-nya sama… sempet sakit ati sih. and ngga mau lagi nulis and ngrim FF aku di FP itu. tp kalo udh suka nulis mau diapain lagi, ya aku smpe skarang ttp nlis FF..

    kok aku malah jd curcol yah??

    Suka

  3. Huahhh, saya baru mampir trus langsung tertarik sama tulisan ini. Jujur ya sampai sekarang pengalaman kayak gitu sering banget aku temui. Mulai dari plagiat yang sempet bikin down dan wb. Dan juga bener kata kamu, aku gak selemah itu dan terus menulis sampai sekarang. Terus berkarya ya saeng. Mian aku baru mampir lagi. Lagi fokus belajar soalnya^^

    Suka

  4. one opinion😄 #apaan seh

    Suka

  5. wah sayang kak Rara bukan artworker, padahal poster2nya pnya feel yant kuat looh terutama fancy dan dark nya.. oh ya, klo req poster bsa lwt PM?

    Suka

Feedback. . .♥

