Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Tutorial Photoshop // Making Spacing Stroke Effect with Photoshop

87 Komentar

How to make spacing stroke Effect at Photoshop

Well, setelah cukup lama hiatus dengan tidak muncul untuk memposting sesuatu di blog. Akhirnya aku ngepost lagi, dan kali ini ngepost tutorial request dari chingu @ELF410 dan beberapa chingu yang lain yang memang sudah request ini dari lama.

Tutorial kali ini membahas cara pembuatan ‘garis putus-putus’ alias ‘stroke spacing’ di photoshop.

First, buka desktop kamu dan open photoshop kamu (double klik shortcut photoshop di desktop atau klik start – all programs – photoshop ), kali ini aku menggunakan photoshop cs 3. Dan seperti biasa, untuk memperbesar screenshot cukup mengklik gambarnya.

tuto1

Secondly, setelah photoshopnya dibuka. Tanpa basa-basi langsung buat dokumen baru dengan mengklik file – new atau dengan shortcut CTRL + N. Buat ukurannya sesuai keinginan, (jangan menggunakan ukuran terlalu besar). ditutorial ini ukuran yang aku gunakan untuk dokumen baru hanya 100 x 100 px.

tuto2

Setelah dokumen dibuat, buat lagi sebuah layers baru pada kotak layers, lalu non aktifkan background dengan cara mengklik icon ‘mata’ pada layersnya.

tuto3

Pada layers satu atau layers yang barusan kita buat. Gambar sebuah pola (misal persegi/persegi panjang) yang digunakan sebagai pola garis putus-putusnya (ditutorial ini aku menggunakan bentuk persegi).

Untuk menggambarkan pola tersebut, kalian bisa menggunakan opsi ‘rectangel tool’ atau mengklik ‘U’ pada keyboard. Setelah polanya selesai dibuat, solid warnanya menjadi ‘black’. Caranya klik Edit >> fill colour >> black.

tuto4

Next, klik edit -> pilih defene brush preset…

tuto5

Akan muncul kotak perintah baru, yang berisi ‘brush name’. Berikan nama brush kalian sesuka hati lalu klik OK.

tuto 6

Brush kamu selesai dibuat dan akan otomatis ditambah pada kotak brush. Bisa dicek dengan menggunakan opsi brush, dan lihat apa brush kamu sudah ditambahkan ke dalam kotak brush di photoshop?
tuto7

Setelah brush kamu sudah dipastikan terdapat dalam kotak, maka untuk selanjutnya, silahkan klik menu window di photoshop lalu pilih brushes, maka akan muncul tampilan kotak brush presets pada monitor kamu.

Atur opsi spacingnya dengan mencentang ‘dual brush’ pada opsi brush presets. Untuk permulaan, kalian bisa menyesuaikannya seperti screenshoot di bawah. Tapi selanjutnya, kalian bisa mengutak-atik sendiri angka-angka yang ada disana.

tuto8

Pada screenshoot diatas sudah terihat bentuk garis putus-putusnya kan? Sekarang tinggal membuka gambar yang ingin ditambahkan garis putus-putus, sebagai efeknya.

Cara menambahkan garis putus-putusnya pada gambar yaitu dengan mengklik pen tool dengan style opsi ‘path’ , lalu gambar pada bagian yang ingin diberi garis putus-putus. setelah path di tutup (close path dengan menggabungkan sisi permulaan dengan akhir), klik kanan pilih stroke path >> brush >> ok.

tutu9


tuto10

Pasti stroke spacingnya sudah terlihat jelas sekarang, sekarang klik kanan lagi pilih >> delete path.

Finish, dengan hasil akhirnya yang masih jauh dari memuaskan. ^^V *sorry* Dan masih perlu perbaikan disana-sini.

shinee onew

Gampang-gampang susahkan? Tapi semoga masih bisa dipahami. Well, maaf untuk hasilnya yang masih simple, karena ngeditnya juga keburu-buru. Maklum sekarang sok sibuk.

Dan Seperti biasa, kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kotak komentar, yang mau request tutorial lain juga bisa. ^^ Insyaallah kalau aku bisa, dan ada waktu luang, nanti aku buatkan tutorialnya.

Note :

– Don’t copy paste without permission
– Don’t be silent reader!
– Don’t plagiat!
– If you wanna share, just share the link from here or re-blog with ‘press this’

Thankyou so much ^^

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

87 thoughts on “Tutorial Photoshop // Making Spacing Stroke Effect with Photoshop

  1. nah ini yg saya cari2
    makasih bangt infonya begitu bermanfaat

    Suka

  2. kak rara sorry oot, tapi itu dekstopnya kan windows 8? trs cara buat biar charm bar nya ada dibawah, trus taskbarnya diatas, trs biar warnanya item dan always visible gimana kak?

    Suka

    • ya g pp, santai aja ^^. itu dari windows visual stylenya sendiri warnanya hitam, dan charmnya bisa diatur kiri-kanan-atas-bawah.
      klo untuk taskbar diatas, kamu klik kanan di taskbarnya, hilangkan centang pada tulisan ‘lock the taskbar’ setelah itu kamu bisa geser-geser taskbarnya (kanan-kiri-atas-bawah) klo udah diatur nanti lock lagi, klo gga nanti taskbarnya bisa kesana kemari.
      klo untuk ‘always visible’, caranya sama klik kanan dulu di taskbar kemudian pilih properties, hilangkan centang di tulisan ‘autho-hide blblabla’ lalu simpan.

      Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s