Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Tutorial // Makeover your dekstop

131 Komentar

Sebenarnya gak ada niatan pengen nulis tutorial ini dan aku sendiri juga rada-rada tidak terlalu minat lagi nulis tutorial. Males aja, masa tiap aku nulis tutorial, diikutin mulu sama blog sebelah -__-

Tapi berhubung banyak diantara kalian yang tanya dan request tutorial ini, dan beberapa malah ada yang PM aku secara langsung🙂 . Ya udah akhirnya aku terharu, dan  nulis tutorial lagi. Tapi harap maklum kalau penjelasannya sedikit aneh dan mungkin ‘belibet‘, seperti yang aku bilang.. udah rada lama aku gak nulis tutorial.

Dan Sebelum membaca silahkan liat preview berikut!

Gambar sebelah kiri kalian adalah dekstop tanpa make up, dan gambar yang ada di sebelah kanan adalah desktop yang sudah diberi eyeliner, lipsgloss, serta circle lens : D Interest? silakan baca tutorial ini sampai selesai..

merubah tampilan dekstop windows 7

Pengguna windows 7? Sekarangkan udah zamannya windows 8 X’D X’D X’D. Tapi gak apa-apa, aku juga masih sering pakai windows 7 kok. Nah..Biar kita gak terlalu ketinggalan, meskipun kita pakai windows 7, bukan berarti dektop laptop/pc kita gak bisa tampil gaya. Malahan punya kita bisa lebih gaya dari si’8 itu loh.

Bahan-bahan yang kalian perlukan (wajib):

– Windows Visual Style/theme (cari aja di internet, banyak yang keren-keren dan yang penting FREE😀 )

– Ux theme multi patcher (download here kemudian install)

Bahan tambahan:

– Icon pack (icon aplikasi, folder dll)

– Rocketdock (download kemudian install)

– Windows7 Start Button Changer (download kemudian install)

– Rainmeter (download kemudian install)

Dibawah ini adalah screenshot tampilan desktopku yang belum di makeover dan  tampilan ini bikin aku males buka laptop😀, mana iconnya menuh-menuhin banget lagi.

dekstop before

Langkah pertama aku lakukan sesuai seleraku ya😀. Yaitu dengan mengubah letak/posisi taskbar yang semula ada di bawah ke tempat yang kalian inginkan. Caranya: Klik kanan pada taskbar kalian, lalu hilangkan tanda centang pada tulisan ‘lock the taskbar. Kemudian kalian tinggal menyeret taskbar ke tempat yang kalian inginkan (misal: ke atas)

tutor dekstop 1

Berhubung aku gak suka sesuatu yang ‘berantakan dan penuh-penuhan’, maka langkah kedua Kita mulai makeovernya dengan ‘menyembunyikan semua icon-icon yang ada di desktop’. Caranya: Klik kanan pada desktop kalian >> pilih View >> hilangkan tanda centang pada tulisan ‘show destop icons’

tutor dekstop 2

Beginilah hasilnya, desktop kalian akan terlihat bersih. Like! :p

tutor dekstop 3

Sekarang kita masuk ke polesan utama yaitu penggunaan ‘Windows Visual Style’(WVS). Sebelumnya aku  udah  kasih tau kalian buat download dan install Ux theme multi patcher kan beserta dengan Windows Visual Style/themenya juga.

Karena tanpa adanya aplikasi itu, WVS yang kalian  download gak bisa dipakai dengan benar. Buat download dan cara install Ux theme multi patcher, kalian bisa visit ke sini >> http://jerry98.wordpress.com/2012/07/29/cara-menginstall-visual-style-windows-7/

Kalau Ux theme multi patcher sudah terinstall dengan baik. Kita beralih ke file WVS yang sudah kalian download. Buka file WVS  kalian, lalu copy file yang berekstensi *theme, dan paste ke folder C:\Windows\Resources\Themes

Untuk mengganti theme di windows kalian. Klik kanan pada desktop >> personalize >> pilih WVS yang sudah kalian paste ke folder themes tadi

tutor dekstop 4

tutor dekstop 5

Tunggu beberapa saat, sampai tampilan baru windows visual style kalian selesai diinstal.

Kalau sudah sukses diinstal, kalian bisa mengganti wallpaper kalian dengan gambar yang kalian sukai, bisa juga dengan mengatur agar taskbar kalian menjadi ‘auto-hide’. Caranya: Lihat gambar di bawah!

tutor dekstop 6

Masih kurang puas? Kita tambahkan sedikit sentuhan dengan ‘mengganti tombol start’.  Sebelumnya terlebih dahulu kalian cari gambar yang diinginkan sebagai pengganti gambar tombol start lama. Untuk mencari gambar tersebut, bisa gunakan keyword umum (misal: windows start button icon free download) . Format gambarnya *bmp

Dan aplikasi yang diperlukan adalah Windows 7 Start Button Changer. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, tinggal download, install, dan jalankan aplikasinya.

tutor dekstop 7

Setelah aplikasi dijalankan, akan Nampak seperti gambar, pilih Select & Change start button, lalu pilih gambar start icon yang sebelumnya kalian cari/download tadi.

tutor dekstop 8

tutor dekstop 9

Finish!

Kalian tinggal berkreasi dengan bahan-bahan tambahan yang sebelumnya udah aku kasih tahu di awal. Contoh hasil punya aku!

hasil

 Credit:

– icon yang aku gunakan by Raindrop

– Wallpaper by deviantart.com

– Luna Windows Visual Style by someone

A//N: Buat yg mau gedein screenshotnya, tinggal diklik aja gambarnya. & Kalau ada yg gak ngerti bisa tanya-tanya ko! Terakhir, dimohon untuk tidak copy-paste sembarangan ya! Ayo saling menghargai😀

Ini jg bisa di win 8, dan win xp ko~

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

131 thoughts on “Tutorial // Makeover your dekstop

  1. buat windows 8 gmana ? soalnya punyaku windows 8

    Suka

  2. Kak mau tanya dong, itu nanti caranya ngembaliin ke tema dekstop semula gimana ? Wkwk

    Suka

    • kalau ngembaliin tinggal dihapusin aja , misalnya mau ubah tombol start-nya jadi kayak semula tinggal pilih ‘restore’ di aplikasi pengubahnya, buat rainmeter sama rocketdock-nya sendiri juga bisa diclose / dihapus aja.. nanti dia ngilang sendiri, dan tampilan dekstop jadi kayak semula lagi.

      Suka

  3. Halo kak Rara, mau tanya cara download Ux theme multi patcher gimana sih? aku udah nyoba tapi gak bisa2😦 ottokhae…?? T_T Please help mee…

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s