Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

LOGO

Tutorial // Membuat desain teks kode Html Sendiri

39 Komentar

Dunia blogging tentu gga luput dari yang namanya ‘kode html’, malah kalau kita buat perumpamaan..dunia blogging itu soulmatenya kode html. Kode html ini biasanya digunakan buat memperhias Blog (membuat skin, template, peletakan tulisan, dekorasi tulisan etc) , salah satu contoh kode html yang sering digunakan adalah html buat text. Taukan?  ituloh teks yang terlihat menarik karena memakai font, warna, ukuran, yang beraneka ragam, biasanya dipake buat layout profile penulis Blog, ada juga yang buat text signature di bawah tulisan, yah beraneka deh fungsinya.

contooooh:  hijau, biru, kuning, merah

Dan itulah isi tutorial singkat kali ini (tentang html kode), yang mau aku bagi ke kalian semua. Semoga bermanfaat : D

FYI, disini aku gga ngasih tutorial yang isinya kode-kode berisi tanda (tag)  ‘<‘ ‘/’>’ atau semacamnya. Karena kali ini aku mau kasih tutorial html text versi aku, yang menurutku simple dan cocok banget buat orang pemalas macam aku yang gga suka ribet.

Kita cuman perlu pake Ms. Word (disini aku pake yang versi 2013) tapi seingat ku ini juga bisa buat Ms. Word  2007 / 2010 / etc. Tapi kurang ingat juga, jadi untuk memastikan silakan dicoba aja dulu.

Langkah pertama buka Ms. word kamu, taukan ms word? ituloh maksud aku microsoft word. Lalu desain deh teks html kalian, misalnya kaya punya aku di bawah ini!

1
Nah itulah untungnya kalau kita menggunakan Ms. Word, kita gga perlu ingat-ingat kode html buat bikin teks cetak tebal, miring, atur ukuran huruf,  kerapatannya, bahkan gga perlu menghafal nama font. Karena kalau mau ganti font tinggal ubah di bagian font di Ms. Word. (Yah asal kalian udah ngerti tool-tool di Ms. Word aja pasti gampang).

Ohya, buat font, saranku gunakan font bawaan dari Ms. Word yang udah umum orang lain punya aja, misal: times new roman, calibri, georgia, arial, serif, etc. Jangan pake font hasil download!! karena sia-sia, gga semua orang punya font itu dan akhirnya html teks kamu justru gga kebaca.

Kalau html teksnya sudah selesai di buat, saatnya disimpan. Klik File >> Save as >> pilih format Web Page, Filtered .htm;.html

2

Sekarang buka folder tempat kalian menyimpan file *html nya tadi, lalu pada file tersebut klik kanan >> Open with >> Notepad

3

Jika Notepad sudah terbuka, akan tampil teks yang isinya kode html kalian, tekan CTRL + A lalu klik kanan pilih copy

4

Sekarang koneksikan PC/laptop ke internet, buka dasbor blog kalian, buat tulisan/halaman baru yang mau dikasih html text atau bisa juga ke widget teks (terserah kalian mau meletakkannya dimana), dan ingat kalau buat tulisan/halaman…pada mode penulisan gunakan mode ‘teks’ jangan gunakan mode ‘visual’ !!! karena hanya akan sia-sia.

Jika sudah berada dalam mode ‘text’ kalian tinggal klik kanan — paste/tempel —

5

kalian tinggal ubah mode ke ‘visual’ kembali untuk melihat hasilnya, lalu terbitkan.

Tara… ini hasil punya aku, punya kamu mana? : D

Rasyifa

https://rarastory.wordpress.com

W elc om e

Don’t spaming!

Don’t be Plagiator!

Enjoy

 

Keuntungan pake cara ini:

  • Gga perlu menghapal tag-tag, seperti <b> / <i> atau apapun itu! Karena jujur aja, aku yang udah dua tahun lebih nge blog  aja (aku aktif di awal 2012 meski membuat blog ditahun 2011 ) masih gga hapal tag-tag begituan! males aja rasanya, hahahah
  • Dalam satu kata, seperti Rasyifa … bisa menggunakan font dengan jenis dan ukuran yang berbeda tanpa perlu bersusah payah.
  • Ketika koneksi gangguan, atau wp tiba-tiba error setelah dipost kode html justru gga kebaca dan cuman ada tulisan </span>, tapi tenang … kita masih punya file backup nya kan. tinggal copas ulang, beres!!
  • intinya praktis!!

Finally, Kalau masih ada yang bingung, boleh ditanyakan ko : )

Dan dimohon dengan sangat, no copas!

Just re-blog/atau cantumkan link terkait ! Jika tertarik memiliki artikel serupa.

Bye

R a s y i f a

other tutorial

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

39 thoughts on “Tutorial // Membuat desain teks kode Html Sendiri

  1. makasih, kak… aku reader baru disini… sekali lagi, gomawo~🙂

    Suka

  2. thanks infonya rasyifa >.< it's really helped😀

    Suka

  3. makasiihh kaakk❤❤ ^^ aku jadi gausah repot-repot buat copy teks html sama hafalin itu kode-kode-,-

    Disukai oleh 1 orang

  4. kak gimana caranya ngeluarin yang kayak tabel2 gitu sama format text effects? makasih~

    Suka

  5. yuhuu..readers baru//gak baru sih, nemu ini blog udah dari dua bulan yang lalu, dijelajah minggu” ini, tapi baru komen ini doang// mianhae eonni, buat kedepannya saya bakalan spaming email eonni:”

    Suka

  6. Akhirnya setelah muter muter cari tutorial ngehias wp ketemu juga >_< Terima kasih kak Rara! Kasih tutorial yang lain dong! Hihi. Salam kenal kak🙂

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s