Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

1001tricks

Tutorial & Tips // Membuat Poster dengan nuansa Cheerful

20 Komentar

Sedikit Tips dan tutorial untuk membuat Poster dengan nuansa Cheerful / fancy

ditulis oleh saya sendiri (Rasyifa || https://rarastory.wordpress.com)

.    .   .

Sebenarnya aku sadar, gga layak aku nulis tutorial dan tips ini, secara aku sendiri masih absurd dalam hal editing. Masih tergantung mood, dalam artian kalau mau ngedit ya aku ngedit, kalau lagi gga mau…ya gga mau, kalau dipaksakan, hasilnya bisa dibilang ‘gga maknyus sama sekali’ –__–

Visit galleryku disini, dan lihat hasilnya….

dan inilah sedikit tips yang bisa aku kasih tau ke kalian, kalau kalian sedikit tertarik sama cover-cover fancy/cheerful di gallery itu!

Tips dan info di bawah ini ditulis dengan referensi pengalaman pribadi aku. Semoga bermanfaat~

1. Pemilihan gambar ‘Main’ yang sesuai.
Dalam artian pemilihan gambar karakter utama yang ingin ditampilkan pada cover harus sesuai dengan cerita. Karena cover adalah perwakilan langsung dari penggambaran cerita. kalau aku pribadi sendiri kalau buat cover fancy lebih sering memakai photo-photo idola yang sedang melakukan pemotretan (majalah, CF, album promo, etc) yang jelas gambarnya diambil dengan kamera profesional dan kualitas gambarnya gga diragukan lagi alias HQ. Hindari gambar selfie idola, gambar yang diambil oleh fans, dan gambar cctv nah wkwkw

contoh gambar yang biasa aku pakai :
Ini Foto Jonghyun SHINee! Tinggal di crop dijadikan PNG saja, dan bisa dimasukkan ke dalam cover nuansa cheerful/happy/fancy.

3Fi5kKu Buat ngecrop gambar sendiri, aku punya dua cara yang paling sering aku pakai. Yang pertama, cara singkat dengan menggunakan Action Photoshop penghilang Background (tapi sayangnya gga semua gambar bisa hilang backgroundnya, hanya gambar tertentu yang memiliki background hanya berupa fill warna, dan gambar Jonghyun di atas tidak termasuk karena ada ornamen-ornamen lain disana😦 )

Kalau sudah begitu…ya jadi orang sabar saja, seleksi dengan pen tool beropsi PATH,
Caranya: klik ikon pen tool, atau dengan shortcut (P) di keyboard. Sebelumnya pastikan pen tool dalam opsi PATH bukan SHAPE.  Klik gambar ini

setelah muncul ikon pen tool  tinggal seleksi gambarnya. caranya? Tinggal digarisin aja sedikit-sedikit disamping gambar yang mau diseleksi lihat gambar di bawah, kemudian satu kan ujung awal dan ujung akhir pen tool, setelah garis pen tool menyatu nanti klik kanan pilih ‘make selection’ lalu CTRL + J. Atau bisa juga memakai magic  wand tool, tapi aku lebih suka memakai pen tool karena menurutku lebih rapi dan original. See!

Ohya, hindari menghapus gambar ‘Main’ dengan eraser! ini saran aku…

utor

Tapi sekarang udah ada yang lebih praktis, kalian gga perlu motong-motong gambar lagi. Caranya cukup gunakan kebaikan hati orang lain, maksud aku search aja di mbah google, dengan nama cast.png maka muncul deh gambar-gambar cast yang formatnya udah png transparan siap pakai buat cover.

2. Skala, ukuran, kerapatan!

Free transform!

Tidak selamanya gambar ‘Main’ akan sesuai dengan ukuran Background kita. Kalau urusannya udah begini, ya…kita atur aja sendiri, dengan mengklik menu ‘edit’ lalu pilih ‘free transform’. Agar lebih nyaman selama mengatur tekan ‘shift’ pada keyboard!

Jangan sampai gambar main terlalu memenuhi Bground ya, atau jangan sampai bgroudnnya jadi kosong karena Mainnya kekecilan…atur hingga pas!

        tu1

Biar cepat, masukin semua cast baru di free transform. caranya? tekan Shift sambil mengklik semua layer ‘Main’ baru klik menu edit >> Free transform!! Lihat gambar. —ditulis oleh RASYIFA https://rarastory.wordpress.com, ditemukan di Blog lain? tukang copas—

tu2

3. Pemilihan Background.

Untuk bground, aku jarang makai bground instan yang sudah jadi. Dengan kata lain, cover-cover atau poster buatanku bgroundnya adalah hasil olahan aku sendiri. Bukannya aku sok, tapi bground yang aku buat juga masih standerrr banget kok ._.

Salah satu bground yang sering dan menrutku gampang dibuat, adalah bground dengan latar ruangan.

Cara membuat bgroundnya cukup simple, kalian hanya menggunkan Pen tool (lagi) tapi kali ini modenya SHAPE.

Sudah sadar? aku ini pecinta PEN TOOL .

tu3

Baru diberikan dekorasi dengan pattern! caranya? Klik kanan pada layer Shape, pilih blending option>> pada kotak layer style centang ( Pattern overlay )>> dan pilih pattern yang tersedia!

Pattern favoritku, pixel pattern transparent. Cari aja di Deviantart pasti nemu kok🙂

tu4Udah keliatan bentuk lantainya kan, sekarang gambar dindingnya! masih dengan menggunakan Pen tool!

tu5

4. Pewarnaan dan touching!

Untuk pewarnaan aku kurang suka memakai PSD yang mencolok, dalam artian aku gga suka pakai warna ngejreng. Aku sih  sukanya pakai PSD yang terang dan bikin Covernya jadi Hq. Rekomendasi aku PSDnya frantiques di DA, dan kalau mau…boleh juga PSD Bright punya ku😄

untuk touching, biar fotonya jernih dan gga kumel. Bisa gunakan cara berikut ini!

Pertama buka foto (klo cover, di marge layers dulu ya) lalu klik Filter pilih Sharpen >> smart sharpen >> atur angka. Ok!

kemudian klik menu filter lagi >> blur >> Surface Blur >> atur angka >> OK!

Lihat gambar di bawah ini!

a e f g h

5. Dekorasi/ percantik cover

Untuk dekorasi, kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan dan imajinasi kalian. Bisa menggunakan PNG Files, Brush, atau shape..

Belakangan aku sendiri lebih sering menggunakan PNGs sama shape. Oh ya sekedar saran, menghiasnya jangan berlebihan sampe-sampe semuanya ditumpuk pake PNGs, apalagi PNGsnya jadi lebih besar dari Main, ingat dalam sebuah poster itu yang ditonjolkan adalah si’Mainnya bukan hiasan/dekorasinya.

1

 

Kesimpulannya: Perbanyak aja berburu  resources  (PSD, PNGs, Brush, Shape etc yang cute-cute). Punya banyak resources gga salah kok, tapi tetep meskipun punya banyak, jangan asal-asalan juga, mesti dipilih-pilih juga resourcesnya, yang mana yang bisa dipake yang mana yang gga bisa dipake ^^

Q&A

1.  Cari Png biasanya dimana? Keywordnya apa?

  • Deviantart.com
  • fotki
  • Google

Keyword itu optional, misalnya: cute caffe pngs, brush cute, dll (sepinter-pinter kamunya aja lah )

2. Editnya pakai software apa?

  • untuk tutorial ini pake Photoshop.
    Photoshop cs berapun atau versi apapun sama aja ko, klo aku pake yg cs 6,

 

3. Klo software lain boleh?
Kalau kalian bisa menggunakan software lain selain pshop. kenapa engga? Engga ada yang larang kok.

 

Ada pertanyaan lain?

SAMPAI JUMPA DI LAIN KE SEMPATAN😀

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

20 thoughts on “Tutorial & Tips // Membuat Poster dengan nuansa Cheerful

  1. Thanks tutor nya!!😀

    Suka

  2. Bsa d cba tuh hehe 😁 btw ra mau tanya emg d photoshop gk bsa d gedein y gambarnya?maksudnya nih kta mau bkin cover.nah kan udh ada bg-nya trs mau masukib foto,klo fotonya itu kecil bsa d gedein gk fotonya?.-.

    Suka

    • bisa pake cara yang sama >> free transform tapi saranku mending bgroundnya aja yg dikecilin drpd fotonya…klo fotonya yang digedein ntar pecah

      Suka

      • ka rara, aku mau tanya dong..gimana si cara buat foto yang pas lagi skinship, kayak misalnya lagi ciuman atau lgi pelukan?, aku udah nyoba berkali-kali tapi menurut aku susah, malah jadi aneh kalo aku yang buat xDsering liat di cover-cover ff, keliatan nyata banget. trus juga cara nyamain warna kulit gimana ya? kan biasanya aku ngedit dua orang digabungin, nah kan aneh kalo warna kulitnya beda hehe.. please di balas ya🙂 terimakasih😀

        Suka

        • Apa maksudnya trik manipulasi ya?Klo iya yang dimaksud manipulasi..aku sih juga amatir bngt klo masalah manipulasi wkwkw. 😁
          Klo mesti manipulasi pun biasanya aku cman sering pake ‘clone stamp tool’ trus cari foto2nya yang bener-bener pas. Soalnya kalo teknik manipulasi itu trgantung bngt dari gambar yg dipake. contoh manipulasi aku: INI yg wajah Onew SHINee itu sebenarnya muka Changmin TVXQ. contoh lainnya GAMBAR INI sebenarnya ini juga bukan muka Onew SHINee/Lee Jinki.

          Dan klo mnurut pengalaman pribadi aku ( yg sering memanipulasi dgn hasil yg aneh) kadang2 hasil yg aneh itu bisa diakalin dengan teknik tumpang tidih sama texture atau bisa juga dikasih topaz. InsyaAllah hasil manipnya bisa lebih bersih dan jreng.

          Klo untuk warna kulit biasanya ak pake opsi ‘Match colour’ di menu Image >> Adjustment bisa juga pake ‘vibrance’ di opsi menu yang sama. Biar lebih mudah lagi pake ‘Eyedropper Tool’, baru nanti disesuaikan warnanya.. duh memang susah ya ngejelasin tanpa gambar gini -__- maaf klo gga ngerti sama penjelasan aku

          Suka

  3. Keren tutornya ka SYifaa >< Thankseu buat recomendnya ><❤😀

    Suka

  4. eonni nyari pixel pattern transparent itu dimana ? ko susah ya di deviantart ada yg berbayar huhu minta bantuannya dong :”(

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s