Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

tutor daftar isi 1

Tutorial // Membuat ‘Daftar Isi’ di Microsoft Word

3 Komentar

Hi! Sudah lama gga update blog ini. Sekitar dua bulanan lebih mungkin,  sejak tulisan terakhir di bulan Agustus dan saat tulisan ini dibuat udah bulan Oktober aja. Kemarin di Bulan September itu memang lagi gga bisa update karena sibuk Ospek jadi mahasiswa baru. Yeah…akhirnya aku bukan anak sekolahan lagi. Aku tambah tua, hiks..😦

Dan saat ini.. disela kesibukan tugas yang sudah menggunung sebagai mahasiswa, aku nyempat-nyempatin buat update blog dengan bawa tutorial yang terinspirasi dari tugas makalah ‘Pengantar Pendidikan’. hahaha😄

Ok. Langsung aja.. Tutorial membuat ‘Daftar Isi’

Halaman ‘Daftar Isi’, tentu udah gga asing lagi kan dalam dunia kita sehari-hari? Apalagi yang suka baca buku, daftar isi udah jadi soulmate-nya banget deh. Nah pernah gga kalian membuat daftar isi sendiri? Biasanya kalau kita buat Makalah/karya tulis ilmiah atau mungkin membuat buku, kita diwajibkan tuh bikin Daftar Isi sendiri.

Sebenarnya ga susah bikin daftar isi, tinggal ketik nama halaman lalu kasih tanda (……) trus tulis deh no halaman-nya….selesai. Tapiiiiiiiii…hasilnya dijamin bakalan pencong-pencong(?) alias ga rapi… no halaman nya kesana-kemari dengan ujung yang gga rata, kayak gambar di bawah ini nih!

tutor daftar isi

Padahalkan kerapian pengetikan itu penting banget. Malahan kalau gga rapi makalah kita bakalan dicoret-coret sama guru/dosen trus nanti kita disuruh memperbaiki. Halah…tambah ribet kan jadinya.

Nah biar rapi, Daftar isinya dibuat jadi kayak gambar di bawah ini!
tutor daftar isi 1

Cara membuatnya cukup simple dan singkat. Langkah pertamanya hanya perlu ‘double clicks’ atau bahasa Indonesia-nya ‘Klik dua kali’ pada tabs rules disekitar angkah 14 sampai 16, hingga muncul kotak perintah baru yang namanya ‘Tabs’ . disana ‘set’/’atur’ sesuai gambar seperti di bawah ini!

tutor daftar isi 2

Info: Buat kalian yang tabs rules nya belum muncul. Bisa dimunculin dulu  dengan mengklik ‘View’ lalu berikan tanda centang pada kotak ‘rules’. Perhatikan gambar!

tutor daftar isi 4

Nah… untuk pengaplikasiannya  sendiri cukup sederhana. Kalian tinggal ketik judul halaman/bab lalu tekan ‘tab’ (pada keyboard) dan tara….. si efek titik-titik untuk daftar isinya akan muncul secara otomatis, baru deh ketik lagi nomer halamannya.

tutor daftar isi 3

Semoga bermanfaat._♥

Yang mau copas, full credit dari https://rarastory.wordpress.com ya!

Lihat tutorial lainnya. Klik disini

atau

cek index

Penulis: Rasyifa

♥ Ordinary Girl, who loves rain sound.

3 thoughts on “Tutorial // Membuat ‘Daftar Isi’ di Microsoft Word

  1. tq, kebetulan lagi bikin laporan nih,… ah jadi kebantu dah,…

    Suka

  2. Aaaa makasih eonni sangat membantu!!!❤

    Suka

  3. waahhhh… membantu banget!!!
    pas banget lagi buat karya tulis,,
    makasih ya tutorialnya… bow

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s