Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

How to Make Dark Cover Fanfiction

-TUTORIAL MEMBUAT COVER FANFICTION DENGAN PHOTOSHOP- [cs 5 ]

Ukk..ukk..ukk *suara efek burung hantu(?)*.

Annyeong, aku kembali lagi untuk ngasih tutorial abal-abal tentang “membuat cover fanfiction dengan software photoshop” versi aku ya ^^.  Dan Tutorial kali  ini merupakan tutorial revisi sekaligus request oleh temanku Nadine Lee.

Well karena ini tutorial adalah tutorial sub, maka ada beberapa hal yang mungkin tidak aku terangkan lagi ya ^^, kalau mau tau caranya bisa liat di tutorial pertama dengan judul “tutorial cara membuat cover genre sad

Persiapan & Bahan :

– Software Photoshop ( click for download )
– PSD Coloring#29 By Rara Putriey ( click for Download )

Gambar-gambar berikut ini : (click images for enlarge )

7ZxFu_large

2012110214193025799_1_large

GtRpJ_large

1238195-bigthumbnail_large

eiffel_tower_window_view_large

  1. Langkah pertama mari kita buka dulu aja Photoshopnya, dengan cara double klik di Ikon photoshop yang tersedia di PC/laptop kamu atau klik kanan pada ikon di desktop PC kamu, trus pilih OPEN.tutorial 0
  2. Seperti biasa setelah Photoshopnya terbuka, buat sebuah dokumen baru dengan cara CTRL + N atau klik File → New. Untuk ukurannya atur sesuka kamu aja, gimana yang enak menurut kamu, sementara saat membuat tutorial ini menggunakan ukuran 500 x 700 px. Tapi perlu dicatat ya, kamu harus memastikan kalau type colornya R&B color. Lihat gambar !tutorial 1
  3. Lalu buka gambar-gambar yang ingin dimuat di dalam cover. Misalnya kali ini aku menggunakan gambar Myungsoo, Jessica dan Sulli. caranya klik File >> Open. Lalu cari tempat/folder kamu menyimpan gambar-gambar tersebut.tutorial 2

     

    tutorial 3

  4. Sudah dibuka fotonya? sekarang saatnya menduplicate gambar ke dokumen yang sebelumnya kita buat. caranya klik kanan pada layers background gambar pilih duplicate layers. akan muncul kotak tampilan baru, pilih dokumen poster sebelumnya yang dibuat dengan CTRL + Ntutorial 4
  5. Lihat hasilnya jadi seperti di bawah ini! tinggal atur tata letaknya dengan baiktutorial 5

    Info : untuk mengubah ukuran layar kalian bisa menggunakan jasa “smart object” yang terletak di opsi layer. Kalau udah diklik smart object, kamu bakal ketemu sama kotak perintah yang tinggal kamu klik OK aja. Lalu kamu klik sekali lagi di opsi layer, nah sekarang ada pilihan ‘edit contents’, klik itu lalu OK/yes. Kamu akan berpindah secara otomatis ke layer yang mau kamu edit tadi. Disana kamu tinggal ubah ukurannya melalu pilihan Image Size.Udah beres mengatur ukurannya? Kalau begitu kamu duplicate lagi layersnya ke dokumen tadi.

  6. Sekarang kita ubah warna fill background yang semulaputih menjadi hitam. Caranya klik layers background, setelah itu klik edit >> Fill >> pilih warna blacktutorial 6-a

    tutorial 6-btutorial 7

  7. Hasilnya akan nampak seperti di bawah ini. Kalian tinggal tambahkan gambar-gambar cast yang lain ( Jessica & Sulli ) Atur tata letaknya sesuai keinginan.tutorial 8-a
  8. Sentuhan selanjutnya, kamu erase / hapus background-background gambar Myungsoo, Jessica dan Sulli.
    caranya klik icon penghapus, lalu atur-atur opsinya. menghapusnya tidak mesti sampai bersih dan rapi, cukup hingga backgroundnya terlihat buram/samar-samar. Karena backgroudnya yang samar-samar itu akan membuat posternya justru terlihat bertexture.Tips opsi erasernya : size 67px, opaticy 45& dan flow 55%tutorial 8-bUntuk menghapus layers, kalian perlu berpindah layers. misalnya kalian ingin menghapus layers sulli maka, kalian perlu mengklik layers Sulli terlebih dahulu.

    tutorial 8-c

    Hasilhapusan tadi, seperti gambar dibawah ini

    tutorial 9

    Tambahkan juga gambar lainya tadi ( bunga mawar, jendela ) ke cover. Kalau kalian tanya, kenapa gambarnya menyatu seperti di bawah ini. Itu diatur pada opaticy

    tutorial 10

  9. Cover mentahnya sudah selesai. Tinggal tambahkan PSD coloring ini  pada covernya.Maka hasilnya akan jadi seperti ini. Cara menambahkan sudah dijelaskan di tutorial sebelumnya.tutorial 11

Info : Kamu bisa membuat cahaya cover fanficmu jadi lebih tajam, caranya menu Image → Adjustment → Level → Atur angka-angka.

cahayanya sudah tajam? Kamu bisa menambahkan sedikit efek pada cover/dark lagi ke cover  kamu melalu opsi menu “Filter”, disana ada banyak pilihan opsi yang bisa bikin cover kamu keren. Oh iya..jangan lupa Marge Layer semua layernya biar jadi satu gambar. Caranya tekan CTRL sambil mengkilik semua layer dibagian kotak kanan paling bawah, lalu klik kanan pilih marge layers. Dan… abdakadabra Inilah hasil Cover fanfic buatan tutorial kali ini.

Dazzling girl in the paris

Oh iya..seperti biasa, kalau masih belum pada ngerti silakan tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini. Atau mention aja ke @Rha_putriey on twiteer. Dengan senang hati, kalau aku bisa membantu pasti aku bantuin kok chinguku semua.

Signature :

Rara Putriey On https://rarastory.wordpress.com

138 thoughts on “How to Make Dark Cover Fanfiction

  1. cara pake PSDnya gimana eon ?

    Suka

  2. haii, mau tanya kamu ngelayanin request poster gk ya? aku tertarik sama postermu terutama yang dark.

    Disukai oleh 2 orang

  3. kak Rara, mau tnya lagi dong, bedanya gloomy dan dark juga yang dark-gloomy itu apa ya? klo untuk jln ff yang suram dan sad or bitter ending lebih bagus yang mana?

    thx kak🙂

    Suka

  4. ah bagus banget hasilnya eonn=)
    Oiya aku ijin pake bahan”nya boleh? Aku mau nyoba”🙂 hehehe

    Suka

  5. Makasih tutor nya ya eon^^
    Ini sangat bermanfa’at!

    Suka

  6. baru nemu dan sumpah tutorialnya bagus banget😀 hasilnya juga maksimal🙂 thanks yah😉

    Suka

  7. bagus deh ra ….
    aku udah nyoba tp hasilnya aneh bgt x_x
    butuh banyak belajar nih ^^
    nice blog❤

    Suka

  8. hasilnya keren >< nanti mau dicoba ah wkwk

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s