Rara Story

Mejor opción es ser tu mismo

Tutorial Fanfiction // How To Make Sad cover Fanfiction

Hargai dengan komentarnya ya~

-TUTORIAL MEMBUAT COVER FANFICTION DENGAN PHOTOSHOP-

Hoalah, akhirnya aku bisa OL lagi dan ini saatnya untuk aku berbagi.

Kali ini aku mau berbagi tentang ilmu Photoshop, dan tentunya masih ada hubungannya dengan Fanfiction. Well, aku bakal ngasih tutorial abal-abal tentang ‘cara bikin cover fanfiction dengan photoshop’ versi aku. Dan kali ini cover fanfictionnya special untuk fanfiction bergenre ‘Sad romance’. Oke tanpa mengenal bacot lagi..aku langsung kasih tau aja langkah-langkahnya, dan aku harap semoga apa yang aku kasih tau bisa di mengerti, kalau engga.. kalian bisa nanya di kolom komentar di bawah postingan ini kok ^^.

[ TUTORIAL INI SUDAH DIREVISI. KLIK ME..UNTUK MELIHAT TUTORIAL REVISI ]

Persiapan : Foto yang mau di edit, software Photoshop, dan kesabaran😛.

  1. Langkah pertama kamu buka Photoshop kamu, kalau belum punya photoshop. Mari di unduh dulu. Aku udah nyediain link downloadnya kok, kamu bisa tengok di halaman “shining area download” lalu pilih ke “art download”, disana ada Free Download Phtoshop, kalian bisa klik itu +.+.

 

  1. Back To topic, setelah Photoshop kamu kebuka, kamu klik Fileopen, lalu cari Foto yang kamu sukai buat di jadiin cover fanficnya, kali ini aku pakai foto Taemin SHINee, Korean girl Ulzzang, dan photo tambahan seperti gambar pemandangan (sunset, sunrise, pantai, taman, sunflower  dll).
  1. Lalu Tekan CTRL + N *di keyboard PC / laptop* kamu. Tujuannya untuk membuat backgroundnya nanti. Oh iya, setelah kamu neken CTRL + N tadi maka akan muncul kotak perintah seperti di gambar, klik aja Ok ya?. Dan masalah Ukuran itu terserah kalian, tapi ingat color modenya harus R&B color.
  1. Setelah itu kamu buka salah satu gambar tadi, disini yang pertama aku urusin *?* adalah gambar ulzzangnya. Buat memisahkan gambar ulzzang dengan background aslinya, kita perlu menseleksi dulu. Caranya bisa pakai Quick selection tool atau Pen tool. Karena aku lebih suka makai Pen tool jadi aku kasih tau caranya pakai pen toolaja ya?.- Kamu klik ikon pen tool, atau dengan shortcut (P). setelah muncul ikon pen toolkamu tinggal seleksi deh itu gambar, gimana caranya? Tinggal digarisin aja sedikit-sedikit disamping gambar yang mau diseleksi *lihat gambar*.
    Setelah terseleksi kamu harus tutup pen toolnya. Caranya tinggal gabungin aja titik awal kamu bikin pen toolnya sama titik terakhir biar jadi kesambung. Habis itu klik kanan..ada pilihan “Make Selection” nah jedokin aja cursor kamu disitu, habis itu garis pen toolkamu bakal berubah chingu🙂.Oh iya, setelah kamu klik make selection nanti bakal ada kotak perintah lagi, kamu bisa mengisi feather radiusnya dengan angka 1 atau 2, baru klik oke. lalu klik CTRL + J di keyboard kamu.
  1. Sekarang kita lakuin hal yang sama dengan Photonya Taemin ya?.
  1. Setelah kedua photo tadi terseleksi dengan baik, kita hanya perlu menggeret kedua photo itu, ke background berwarna putih yang sebelumnya kita buat di awal tadi. Caranya tinggal klik “Move tool”di bagian bar kiri kamu atau klik short cut (V). Jangan lupa atur tata letaknya dengan baik ya >.<.
  1. Sudah diatur tata letaknya?. Right..kita berlanjut ke fase ‘Eraser’. Biar gambarnya terlihat lebih rapi dan terkesan ber-efek *apasih*. Kita bisa pakai eraser, tapi diharapkan Hardnesspada erasernya di ubah menjadi nol. Lihat gambar !
  1. Kalau Hardnessnya udah di ubah jadi Nol, erasernya bisa langsung dipakai aja buat  ngehapus  bagian pada gambar yang menurut chingu, jika bagian itu ada bakal bikin covernya jelek. Misalnya lihat gambar ulzzang wanita yang aku pakai, bagian atas kepalanya terlihat datar dan rata seperti persegi dan itu kurang sedap dipandang mata bukan?, maka aku hapus bagian kepala si ulzzang dengan eraser tadi.
    Sedikit info buat kalian yang benar-benar pemula. Saat kalian memutuskan untuk menghapus foto lain *misalnya foto Taemin* kalian tinggal berpindah layer, klik layer yang menampilkan photo yang mau kalian hapus. Berpindah layer gampang kok, tinggal klik Layer yang mau kamu atur pada kotak  yang tersedia  dibagian kanan paling bawah *lihat gambar di atas*
  1. Setelah itu kalian bisa menambahkan photo baru untuk dijadikan backgroundnya. Misalnya kedua photo yang aku pakai ini.
  1. Seret kedua gambar tersebut ke gambar ‘Taemin dan si Ulzzang’ / gambar utama fanfic kalian. Letakkan menjadi layerpaling bawah tapi diatas background. *lihat gambar*- Nah, di gambar kalian ngelihat Photo Taeminnya rada-rada buramkan? Alias seperti menyerupai bayang-bayang, nah..itu efek dari ‘layar opacity’yang juga ada dibagian kanan bawah.
    Disana, kalian tinggal bermain-main dengan angka, misalnya  dari angka 100% kalian ubah  sampai ke angka yang kira-kira bikin keburaman photonya jadi keren. Waktu bikin poster yang ini aku pakai keburaman di layar opacity hingga 49% *kalian lihat sendiri gimana hasilnya*.
  1. Biar efek-nya jadi tambah sedih *?*, aku mau nambahin sentuhan cahaya kecokelatan dari langit. Gimana caranya? Gampang kok. Kalian klik ikon ‘gradient tool’ atau dengan short cut(G). lalu pilih type nya yang gradient diagonal, tapi kalau mau type yang lain juga boleh, (CATATAN : Ingat opacitynya diatur biar gradientnya engga terlalu tebal. *lihat gambar, perhatikan dengan baik yang diberi lingkaran hitam)*
    Hasilnya….seperti diatas,
  1. Well, untuk mempercantik covernya. Chingudeul kayaknya harus bergelut lagi dengan tahap ‘pembrushan’ *hahah#plakk*.
    Disini aku pakai brush yang standart aja, dengan warna cokelat tentunya. *lihat gambar untuk lebih jelasnya*
    Nah, terus sentuh aja gambar kamu dengan brush tersebut, dan lihat kan hasilnya *nunjuk-nunjuk ke bawah.😀
  1. Tahap yang kesekian, mari kita buat covernya menjadi lebih ‘nge amazing’ (?) dimata. Caranya kita atur-atur warna dan kecerahannya melalu ‘match color’.-kamu pilih Image→  adjustment Match Color.
    (seperti biasa, kamu tinggal atur-atur angkanya)Lihat gambar untuk melihat contoh format atur-aturnya.
  1. Well, sekarang untuk sentuhan terakhir, kita tinggal tambahkan Teks, yang meliputi judul, lalu sedikit kata-kata yang menunjukkan alur cerita, dan yang terpenting Signature kamu. Biar engga ada orang yang ngaku-ngakuin cover buatan kamu adalah punya dia. Caranya tinggal klik ikon huruf  ‘T’ di bagian kiri kamu.Setelah beres, jangan lupa di gabungin semua layarnya biar jadi satu gambar nde?
    Caranya kamu tinggal tekan CTRL sambil ngeklik semua layer yang ada dalam kotak lalu klik kanan pilih ‘Marge Layar’. Untuk mempermudah kamu, lihat gambar di bawah ini.

  1. Finally.. Save cover kamu   dengan cara . Klik FileSave→ lalu ubah formatnya menjadi JPEG.Dan TARAAAA… inilah hasil cover dari tutorial inicara membuat cover FF dengan photoshop
    Hahaha… masih jelek ya? Maklum..aku jg masih belajar, ^^
    Jadi masih apa adanya. Oh iya..Baru kesampaian sekarang, aku ngeditnya ini pakai Photoshop CS3. Soalnya kalau pakai Photoshop CS5 aku masih kurang terbiasa. *emang ada yang nanya gituh Rha?*plakk*Terakhir..jeongmal Gumawoyo ya buat semua yang bersedia membaca tutorial ini. Semoga pada ngerti sama bahasa yang aku pakai untuk menerangkan tutorialnya, tapi kalau masih bingung..aku selalu bersedia menjawab pertanyaan kalian melalui kolom komentar di bawah ini kok, jadi jangan malu-malu bertanya kalau engga mau sesat di jalan *?*. Sampai jumpa di Tutorial berikutnya chingu ^O^.Greeting :  Selamat mencoba dan teruslah berkarya  !Signature :

      Rara Putriey On https://rarastory.wordpress.com

BACA JUGA TUTORIAL LAINNYA YA? ^^ DAN JANGAN LUPA KASIH KOMENTARNYA! SEMOGA DAPAT MEMBANTU!!

~~~Contoh hasil lainnya~~~

1001tricks eartquake BIG afterwegotmarried

331 thoughts on “Tutorial Fanfiction // How To Make Sad cover Fanfiction

  1. Hai ka.. aku pakai cara kakak.. tapi kenapa pas aku nyeleksi photonya pake pen tools kenapa jadi warna pink ka? mohon balasannya ka

    Disukai oleh 1 orang

  2. terima kasih tutorialnya😀

    Suka

Feedback. . .♥

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s